Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong menyampaikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai, Sulawesi Selatan, Selasa (14/12/2021).

  • Whatsapp
banner 468x60

Intelijen007News – Makassar.,Apresiasi itu diutarakan Andi Kartini saat memberikan sambutan dalam kegiatan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan para pelaku tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah), dan penyerahan hadiah lomba desain poster digital anti korupsi kategori SD, SMP, dan Umum di Halaman Kantor Kejari Sinjai.

Menurut Andi Kartini, narkotika adalah musuh dan menjadi tugas bersama untuk memberantasnya. Bagaimana untuk terus mensosialisasikan dan mengedukasi anak-anak, generasi bangsa agar menghindarinya.

“Jangan sampai narkoba ini terus berlarut-larut mempengaruhi masyarakat, apalagi anak-anak kita sehingga merusak generasi,” ungkapnya.

“Khusus lomba desain anti korupsi, kami selaku Pemkab Sinjai menyampaikan apresiasi dan terima kasih, semoga melalui kegiatan ini dapat mengedukasi dan melahirkan generasi yang paham teknologi, terutama dalam hal pendidikan kejujuran sejak dini,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Rampasan Kejari Sinjai, Alifin Nurahmana Wanda menuturkan, pemusnahan tersebut bertujuan untuk mengurangi tertumpuknya barang bukti atas kepastian hukum yang telah ditetapkan.

“Barang bukti ini terdiri dari 16 perkara yang telah mempunyai hukum tetap dan diperoleh dari semester kedua di tahun 2021 ini,” katanya.

Sementara Kepala Kejari Sinjai, Ajie Prasetya mengatakan bahwa pemusnahan tersebut rutin dilaksanakan dan merupakan kali kedua setelah dilaksanakan sebelumnya pada pertengahan 2021.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan diantaranya narkotika jenis sabu dan ganja seberat 6,76 gram, alat pengisap sabu, senjata tajam berupa linggis dan parang, pakaian, balok dan kayu yang digunakan melakukan penganiayaan serta alat bukti lainnya.

“Pemusnahan ini dilakukan agar barang bukti kejahatan yang sudah inkrah dan berkekuatan hukum tetap tidak disalahgunakan,” katanya.

Menurut Ajie, kasus tindak pidana yang ditangani oleh pihak Kejaksaan maupun kepolisian hampir 70 persen adalah tindak penyalahgunaan narkotika.

“Ini menandakan bahwa peredaran narkotika di Sinjai sangat tinggi. Untuk itu kita harapkan peran serta masyarakat serta kerjasama dan sinergitas antar APH dapat meminimalisir dan memberantas peredaran narkotika di Sinjai,” tuturnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Sinjai Sigit Susanto, Karutan Sinjai Muh Ishak, perwakilan Polres dan Kodim 1424 Sinjai, serta Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa.

Dan dalam kesempatan ini, Andi Kartini turut memyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba desain poster digital, yang dilaksanakan Kejari Sinjai dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). ***

(Alif Hajman)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *