Danrem 121/Abw Apresiasi Jiwa Semangat Warga Merakai Daerah Pejuang

  • Whatsapp
banner 468x60

Sintang, Kalbar, – Kecamatan Ketungau Tengah, kabupaten Sintang merupakan daerah pejuang dalam mewujudkan dan mempertahankan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti dapat dilihat ada Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumalaya. Para pejuang ini gugur akhibat melawan Pasukan Rakyat Kalimantan Utara (Paraku),/ Pasukan Gerilya Rakyat Serawak (PGRS) untuk mempertahankan NKRI.

Para pejuang yang telah gugur di makamkan di TMP Kusumalaya yang berada di kecamatan, Ketungau Tengah.

Dikatakan Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr Ronny, S.A.P., M.M saat usai memimpin upacara Pemakaman secara militer terhadap almarhum Sertu Anumerta Ambrosius, pada Minggu, 5/9/21 di TMP Kusumalaya,” Bahwa semangat masyarakat Ketungau Tengah tidak diragukan lagi dalam membela NKRI.

Karena cikal bakal para pejuang dalam mempertahankan NKRI dalam melawan Pasukan Rakyat Kalimantan Utara.

“Almarhum Ambrosius inilah salah satunya pemuda yang gigih dalam bertugas,” ungkap Danrem.

Para pemuda khususnya dari kecamatan Ketungau Tengah sangat tinggi animo untuk menjadi prajurit TNI.

hal ini juga disampaikan perwakilan pihak keluarga disaat pemakaman jenazah Ambrosius yang dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Kusumalaya, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Kalbar.

“Jadi, permintaan keluarga adanya putra daerah Merakai di sini sebagai gantinya masuk TNI, dan saya akan berusaha untuk putra Merakai yang berkeinginan masuk jadi Tentara, bisa diterima mengabdikan diri sebagai Tentara,”kata Danrem.

Menurut Jenderal bintang satu ini, tekad dan perjuangan masyarakat Ketungau sudah tidak diragukan lagi. Saya betul-betul apresiasi.

Sudah dibuktikan sejak turun temurun. Hal itu terbukti dengan banyaknya pahlawan asal Ketungau yang dimakamkan di TMP Kusumalaya yaitu tercatat ada 16 pahlawan ini yang tercatat, mungkin masih banyak lagi.

“Kita melihat jiwa perjuangan masyarakat di Merakai ini sangat tinggi, dari yang dimakamkan di TMP itu pejuang membela NKRI dulu, pada saat melawan PGRS/ Paraku. Jiwa perjuangannya itu turun menurun sangat tinggi. Oleh karena itu kita memfasiliatasi anak-anak muda untuk bisa masuk di TNI dari Merakai,” jelas orang nomor satu di Korem 121/Abw.

Danrem juga memastikan akan memperhatikan dan membantu keluarga almarhum Sertu (Anm) Ambrosius.

“Kita juga memperhatikan keluarga yang ditinggalkan yang selama ini menjadi tanggungjawab dari pada almarhum,” jelasnya.

Diungkapkannya, juga sudah memberikan santunan dari Asabri langsung diberikan, tidak perlu mengurus lagi.Semoga bisa meringankan beban.

Selanjutnya dari kodam XIII/ Merdeka di Manado, tempat almarhum bertugas juga memberikan santunan.

“Kedepannya kita juga akan memperhatikan keluarga dan adik adik yang ditinggalkan,” tutup Danrem.

(Source Penrem121/Abw)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *