Kominfo Sinjai Ajak Masyarakat Waspadai Berita Provokatif

  • Whatsapp
banner 468x60

Intelijen007news, Sinjai – Berita bohong atau hoaks dengan pengemasan sedemikian rupa kerap muncul dan membuat masyarakat percaya.

sehingga penyebaran informasi hoax dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

Oleh karena itu, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjai mengajak masyarakat untuk mewaspadai berita yang provokatif dan tidak dengan mudah mempercayai berita-berita tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Diskominfo Sinjai, Ika Mayasari, Kamis (15/07/2021).

“Diharapkan masyarakat mampu memeriksa dua hal, pertama apakah sumber berita valid atau tidak. Kedua, cek keaslian fakta dan fotonya,” ungkapnya.

Terlebih kata Ika, di zaman globalisasi seperti ini, perkembangan teknologi yang amat pesat serta perangkat elektronik canggih, sehingga dengan waktu singkat informasi akan menyebar.

Sementara, jika dibandingkan dengan zaman dahulu, informasi yang didapatkan melalui media cetak membutuhkan waktu lama.

Namun saat ini, hanya di genggaman saja kita bisa mengakses seluruh dunia.

“Ketika membaca dan mendengar berita kita harus mengetahui sumber berita tersebut untuk kemudian mencari tahu isi beritanya, selanjutnya apabila telah mengetahui bahwa berita tersebut adalah hoax, langkah selanjutnya adalah menghentikan penyebarannya dimulai dari kita,” pungkasnya.

“Dan sebisa mungkin memberi edukasi dan klarifikasi kepada pemberi berita bahwa hal yang disampaikan tersebut adalah hoax,” sambung Ika.

Apabila menjumpai informasi hoax, Ika mengajak pengguna internet bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.

“Khusus masyarakat Sinjai bisa melaporka ke Diskominfo,”pungkasnya. (Tim Website)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *